Tips Dasar Belajar Bermain Gitar

 

Tugas Mata Kuliah Komunikasi Profesional

Nama                         : Luther Kevas

Nim                             : 1712027

Jurusan                      : Teknik Industri

Dosen Pengampu      : Dr.Heri Setiawan,S.T.,M.T.,IPM.

Universitas Katolik Musi Charitas Palembang

 

Tips Dasar Belajar Bermain Gitar

            Musik merupakan kombinasi nada atau suara yang memiliki urutan serta susunan tertentu yang berkesinambungan. Musik yang disusun memiliki irama yang harmoni merupakan musik yang bagus, karena ada kesatuan antara satu nada dengan nada yang lain, dan sesuai dengan tempo yang ada. Musik dapat dilantunkan dengan suara yang berasal dari manusia seperti orang bernyanyi, dan suara manusia yang menirukan alat musik seperti akapela atau beatbox. Selain itu musik juga dapat dilantunkan dengan menggunakan alat musik seperti gitar, piano, harmonika, bass, dan lain-lain. Saat ini ada banyak sekali orang yang ingin belajar bermain alat musik, dan yang paling umum ialah alat musik petik, seperti gitar dan ukulele. Bermain alat musik petik seperti ini bisa dikatakan lebih mudah dari alat musik yang lain. Selain itu, alat musik petik seperti ini adalah alat musik yang paling sering ditemui. Kemudian alat musik petik seperti gitar dapat digunakan untuk mengiringi orang lain bernyanyi, yang tentu saja berbeda dengan alat musik pukul seperti drum karena gitar menghasilkan nada dan drum hanya menghasilkan ketukan.

            Perkembangan teknologi saat ini semakin maju dan semakin memudahkan orang-orang untuk mengakses informasi termasuk mengenai musik. Saat ini ada banyak orang yang mencoba untuk belajar bermain musik secara otodidak dan menggunakan informasi dari internet sebagai bahan pembelajarannya. Berikut merupakan sedikit tips yang dapat digunakan untuk membantu teman-teman yang baru mulai belajar alat musik gitar :

1. Kenalan

          Tips yang pertama yaitu kenalan, ya kenalan. Ketika kalian ingin belajar bermain musik, kalian harus terlebih dahulu kenalan dengan alatnya. Kenalan seperti apa? Kenalan yang kalian lakukan tentu saja berbeda dengan kenalan dengan orang. Kenalan yang kalian bisa lakukan ialah dengan memahami, dan mengenali dahulu bagian bagian dari alat musik itu terlebih dahulu. Pada alat musik gitar, kalian harus tau mana yang namanya headstock, nut, alat pemutar, frets, dan lain-lain. Paling tidak bagian yang kalian ketahui ialah frets, nut, dan senar. Tidak hanya sekedar tau, tapi kalian juga harus paham apa fungsi bagian tersebut, seperti pada senar. Ada 6 senar pada gitar, dan tiap senar memiliki bunyi yang berbeda, dan bunyi tersebut merupakan bunyi yang disesuaikan dengan nada dari kunci tertentu, seperti senar 1=e, 2=b, 3=g, 4=d, 5=a, 6=e. Pengenalan akan bagian gitar, akan memudahkan teman-teman ketika nanti mulai bisa bermain gitar.

 2. Pemanasan

          Sama seperti orang yang berolahraga, sebelum ia memulai berolahraga maka harus terlebih dahulu pemanasan, bedanya pemanasan yang dilakukan oleh pemain gitar ialah pemanasan jari. Sebelum memulai latihan bermain gitar, maka pemanasan jari harus terlebih dahulu dilakukan. Pemanasan dapat dilakukan dengan cara menekan satu senar yang kemudian dipetik mulai dari fret yang pertama hingga keduabelas dengan jari yang bergantian. Misalnya pada fret pertama menekan menggunakan jari telunjuk, kemudian pada fret kedua menekan dengan jari tengah, dan seterusnya. Pemanasan ini dilakukan untuk melemaskan otot-otot jari supaya nanti ketika menekan kunci gitar dan berpindah-pindah dapat secara luwes dan ringan. Selain itu pemanasan ini dilakukan supaya bagian jari yang menekan semakin terbiasa dengan senar gitar supaya tidak sakit lagi.

 3. Tangga Nada

          Tangga nada merupakan susunan nada yang terdiri dari nada do re mi fa sol la si do. Pada kunci gitar dan alat musik lain yang memiliki nada, tangga nada ini dimulai pada kunci c-d-e-f-g-a-b-c. dengan memahami tangga nada maka langkah pembelajaran kita selanjutnya akan lebih mudah lagi.

 

3. Kunci Dasar

          Tips selanjutnya ialah mempelajari kunci dasar. Berdasarkan pengalaman saya, mempelajari semua kunci yang ada bukanlah jalan yang bagus untuk pemula. Hal ini dikarenakan tidak semua kunci yang ada dapat digunakan dalam satu lagu. Tips dari saya ialah pelajari 3 kunci pasangan. 3 kunci pasangan itu merupakan kunci yang berkaitan satu sama lain dan bernada mayor. 3 kunci pasangan yang sering digunakan para pemula ialah kunci c, f, dan g. Pasangan kunci ini merupakan pasangan awal jika dilihat dari tangga nada, namun bukan yang paling mudah karena kunci f akan sangat susah untuk para pemula. Anjuran dari saya gunakanlah kunci pasangan d, g, a. Pasangan kunci d, g, dan a memiliki bentuk yang akan lebih mudah digunakan oleh para pemula. Ada banyak sumber dan aplikasi yang menunjukkan lagu yang dimulai atau diubah menjadi kunci dasar d.

 4. Pemilihan Lagu

          Pemilihan lagu untuk latihan juga akan memengaruhi tingkat kesulitan kalian ketika sedang mempelajari lagu dengan menggunakan gitar. Ada banyak orang yang latihan bermain musik menggunakan lagu-lagu yang sedang populer, dan ini tidak salah namun kurang efektif. Sama saja ketika kita belajar naik motor namun kita menggunakan jalan naik turun dan jalanan kebun yang sempit, ini akan menyulitkan kita. Lagu-lagu yang populer dimasyarakat biasanya menggunakan kunci yang sulit dan perpindahan kunci juga cepat, sehingga nantinya ini akan menyulitkan kita sendiri dan malah akan menurunkan semangat kita karena tidak bisa serta tidak maksimal dalam latihan. Sebagai anjuran, pilihlah lagu yang mudah, yang tidak terlalu rumit seperti lagu anak-anak. Lagu anak-anak sengaja didesain dengan nada yang simple dan mudah dimengerti oleh anak-anak. Kunci yang digunakan juga mudah dan lebih banyak mayor, sehingga ini akan sangat memudahkan kalian untuk bermain serta latihan gitar dengan efektif.

 5. Pantang Menyerah

          Tips yang terakhir ialah sikap pantang menyerah. Sikap ini adalah sikap yang diperlukan oleh setiap pemula karena katika belajar bermain musik ada banyak tantangan yang harus dihadapi. Ketika seorang pemula belajar gitar, biasanya ujung-ujung jari akan terasa sakit diawal karena belum ada penebalan pada kulit sehingga lebih sakit, and jika ini terjadi teruskan saja latihannya jangan berhenti, kalian sudah memasuki fase pengenalan. Selain itu ada tantangan yang dihadapi oleh para pemula ialah ketika memindahkan satu kunci ke kunci yang lain akan terasa sangat susah dan membingungkan, jika hal ini terjadi jangan menyerah karena hal ini ialah lumrah bagi tiap pemula, lakukan pemanasan sesering mungkin agar tangan kalian lebih luwes lagi. Ketika kalian sudah mempelajari kunci namun belum bisa mengiringi orang lain untuk bernyanyi, tidak apa-apa. Hal ini terjadi karena kalian belum hapal dengan nada gitar dan kesesuaiannya dengan orang yang bernyanyi. Jangan menyerah sampai disini, perbanyak latihan lagu, dan perbanyak mendengarkan lagu, nanti lama kelamaan kalian akan bisa memahami nada dan mulai bisa mengira-ngira nada apa yang seharusnya dikeluarkan oleh alat musik yang kalian pegang.

            Sekian tips dasar untuk bermain gitar dari saya, semoga bisa membantu teman-teman supaya bisa semakin mahir untuk belajar gitar.

Komentar

Postingan Populer