HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT MEMBUKA FILTER OLI BYSON DAN MOTOR LAINNYA


            Halo teman-teman, selamat datang di blog torehan asal. Disini penoreh akan membahas pengalaman dan pengamatan apa saja yang ingin dibahas. Namanya juga torehan asal, tapi dijamin nggak asal-asalan.        
(ini ni motor byson penoreh yang masih mantap tenaganya)
            Menurut penoreh, jaman sekarang itu semuanya sudah canggih dan sudah serba instan, sedikit-sedikit pencet, sedikit-sedikit gas, sedikit-sedikit mie instan. Serba instan kayaknya sudah jadi sesuatu yang wajar, karena teknologi yang kita gunakan saat ini sudah sangat membantu dan sangat mendukung kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Penoreh ingat dulu main handphone dari yang  pake tombol karet, sampe sekarang sudah berubah jadi mencet layar kaca aja. Sangking majunya teknologi kita nih, sampe-sampe kita nggak perlu mencet lagi kalau males, tinggal bilang “oke google” sudah deh tinggal dilanjutin sama kata pencariannya. Itu salah satu bentuk dari teknologi komunikasi.
            Ada satu lagi yang penoreh perhatikan yaitu pada teknologi transportasi, dari yang dulunya kendaraan ditarik pake kebo eh sekarang udah jadi kabel sama besi semua. Masih ada sihh kebo, tapi udah jadi besi semua, contohnya motor byson tuh :D, kebo nya orang luar negeri yang tangguh dan tahan banting walaupun melalui medan berat. Jalan tanjakan oke, jalan kerikil oke, jalan lurus juga oke, dan tenaganya pun nggak kalah sama motor gede lainnya.

            Bahas-bahas tentang byson, penoreh mau sedikit cerita nih tentang peliharaanku si byson. Nah jadi dari awal beli, si byson nih onderdil nya awet banget, udah 4 tahun dipakai masih mulus aja sih tenaganya, nahh pas udah tahun kelima aku denger dari temen yang baru ganti filter oli sendiri. Dari cerita itu penoreh juga berinisiatif untuk mengganti filter olinya. Karna penoreh ini orangnya mau tau dan sok tau :D, jadi tak buka sendiri filter olinya.
            Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada waktu kita mau membuka filter oli byson atau motor-motor yang lain, yaitu:
1. mesin harus dalam keadaan dingin
2. oli harus dikeluarkan dan ditampung ditempat lain terlebih dahulu
3. mempersiapkan filter oli yang baru (jangan pas udah dibuka baru mau dibeli yaa)
4.perhatikan per filter oli yang baru dan posisi didalam mesin agar tidak salah menempatkan filter oli
5.jangan terlalu kuat memasang baut penutup mesin filter oli
           
            Pada waktu penoreh pasang filter oli si byson, mesin byson masih anget-anget gitu, jadi mempengaruhi tingkat kekerasan baut penutup filter oli. Nah pas semua proses sudah 90% selesai, baut penutupnya langsung penoreh pasang nih,eh tiba-tiba bautnya langsung patah didalam mesin. Penoreh langsung panik dong karena kejadian itu. Waktu bautnya ditarik, yang keluar cuma setengah, dan setengahnya lagi ketinggalan didalam mesin. Ya sudah mau bagimana lagi, akhirnya penoreh langsung masukan lagi olinya. Setelah olinya dimasukkan eh ternyata olinya bocor, dan menetes secara perlahan namun terus seperti cintaku padanya hahaha.
(ini tempat filter oli byson)

           Keesokan harinya penoreh tanya sama temen yang jadi inspirasi penoreh masang filter oli, gimana solusinya. Ternyata eh ternyata, cerita kemaren belum penoreh dengar secara lengkap. Temanku ternyata juga mengalami kasus yang sama. Akhirnya dengan berat hati dan ringan dompet, si byson dianterin kebengkel, nah pas dibuka penutup filter olinya, ternyata masih ada sedikit, secuil, dan seonggok baut yang masih bisa diputer. Ternyata masih ada sedikit harapan :D. Akhirnya bautnya dikeluarin, dan diganti dengan baut yang baru, dan penutup filter olinya diberi perekat agar lengket dan nggak bocor lagi. Untung selamat jantungya si byson :D.
            Jadi gitu pengalamanku dengan si byson. Untuk temen-temen yang mau coba buka filter oli, hati-hati ya, dan perhatikan beberapa hal yang saya jelaskan tadi. Sampai ketemu di lain kesempatan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer