HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT MEMBUKA FILTER OLI BYSON DAN MOTOR LAINNYA
Halo teman-teman, selamat datang di blog torehan asal.
Disini penoreh akan membahas pengalaman dan pengamatan apa saja yang ingin dibahas.
Namanya juga torehan asal, tapi dijamin nggak asal-asalan.
(ini ni motor byson penoreh yang masih mantap tenaganya) |
Ada satu lagi yang penoreh perhatikan yaitu pada
teknologi transportasi, dari yang dulunya kendaraan ditarik pake kebo eh
sekarang udah jadi kabel sama besi semua. Masih ada sihh kebo, tapi udah jadi
besi semua, contohnya motor byson tuh :D, kebo nya orang luar negeri yang
tangguh dan tahan banting walaupun melalui medan berat. Jalan tanjakan oke,
jalan kerikil oke, jalan lurus juga oke, dan tenaganya pun nggak kalah sama
motor gede lainnya.
Bahas-bahas tentang byson, penoreh mau sedikit cerita nih
tentang peliharaanku si byson. Nah jadi dari awal beli, si byson nih onderdil
nya awet banget, udah 4 tahun dipakai masih mulus aja sih tenaganya, nahh pas udah
tahun kelima aku denger dari temen yang baru ganti filter oli sendiri. Dari
cerita itu penoreh juga berinisiatif untuk mengganti filter olinya. Karna
penoreh ini orangnya mau tau dan sok tau :D, jadi tak buka sendiri filter
olinya.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada waktu kita
mau membuka filter oli byson atau motor-motor yang lain, yaitu:
1. mesin harus dalam
keadaan dingin
2. oli harus
dikeluarkan dan ditampung ditempat lain terlebih dahulu
3. mempersiapkan filter
oli yang baru (jangan pas udah dibuka baru mau dibeli yaa)
4.perhatikan per filter
oli yang baru dan posisi didalam mesin agar tidak salah menempatkan filter oli
5.jangan terlalu kuat
memasang baut penutup mesin filter oli
Pada waktu penoreh pasang filter oli si byson, mesin
byson masih anget-anget gitu, jadi mempengaruhi tingkat kekerasan baut penutup
filter oli. Nah pas semua proses sudah 90% selesai, baut penutupnya langsung
penoreh pasang nih,eh tiba-tiba bautnya langsung patah didalam mesin. Penoreh langsung
panik dong karena kejadian itu. Waktu bautnya ditarik, yang keluar cuma
setengah, dan setengahnya lagi ketinggalan didalam mesin. Ya sudah mau bagimana
lagi, akhirnya penoreh langsung masukan lagi olinya. Setelah olinya dimasukkan
eh ternyata olinya bocor, dan menetes secara perlahan namun terus seperti cintaku
padanya hahaha.
(ini tempat filter oli byson) |
Keesokan harinya penoreh tanya sama temen yang jadi
inspirasi penoreh masang filter oli, gimana solusinya. Ternyata eh ternyata,
cerita kemaren belum penoreh dengar secara lengkap. Temanku ternyata juga
mengalami kasus yang sama. Akhirnya dengan berat hati dan ringan dompet, si
byson dianterin kebengkel, nah pas dibuka penutup filter olinya, ternyata masih
ada sedikit, secuil, dan seonggok baut yang masih bisa diputer. Ternyata masih
ada sedikit harapan :D. Akhirnya bautnya dikeluarin, dan diganti dengan baut
yang baru, dan penutup filter olinya diberi perekat agar lengket dan nggak
bocor lagi. Untung selamat jantungya si byson :D.
Jadi gitu pengalamanku dengan si byson. Untuk temen-temen
yang mau coba buka filter oli, hati-hati ya, dan perhatikan beberapa hal yang
saya jelaskan tadi. Sampai ketemu di lain kesempatan.
Keren dan bermanfaat
BalasHapusBeemanfaat banget .Terutama yg suka otomotif ya ;)
BalasHapusKata-katanya udah bagus dan runut kak. Infonya bermanfaat. Good lah.. 👌👌
BalasHapus